Templates by BIGtheme NET
Rumah » informasi » Indonesia Jadi Contoh Pemberantasan Teroris
Pekanbaru_dariSumatra

Indonesia Jadi Contoh Pemberantasan Teroris

PEKANBARU (RP) – Keberhasilan Indonesia di dalam mencegah aksi terorisme dan meringkus para tersangkanya, kini dijadikan contoh oleh negara lain.

Indonesia bukan lagi negara yang tangan di bawah dalam artian meminta pertolongan negara lain, tetapi kini sudah sering diminta untuk berbagi pengalaman dengan negara lain.

‘’Salah satu penyebab keberhasilan itu seperti yang pernah disampaikan presiden, bahwa Indonesia menggunakan pendekatan supremasi dan penindakan hukum. Kita tidak pernah menggunakan cara-cara militer seperti yang dilakukan di banyak negara seperti Pakistan, Iran, Irak, dan sebagainya. Dan yang paling menakjubkan adalah bangkitnya tokoh-tokoh agama khususnya umat Islam dalam perang terhadap terorisme dan segala ajarannya,’’ kata Kepala Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT) Pusat, Drs Ansyaad Mbai saat pengukuhan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Riau.

FKPT dibentuk berdasarkan kerja sama BNPT dengan Pengurus Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) dalam upaya membantu memberantas paham-paham dan aksi terorisme. FKPT menjadi salah satu sarana yang akan berperan untuk menyosialisasikan ajaran salah terutama yang terkait terhadap terorisme berlatar belakang ideologi.

Pada pengukuhan forum yang diketuai Sekdaprov Riau, Wan Syamsir Yus itu terlihat Ketua PP Muslimat NU serta mantan Ketua PBNU Hasyim Muzadi.

Keberadaan FKPT, kata Ansyaad, masih sangat diperlukan mengingat saat ini aksi-aksi radikalisme, kekerasan yang mengatasnamakan agama malah makin meningkat. ‘’Kekerasan itu bukan saja dari satu agama kepada agama lain, melainkan terjadi dengan sesama agama yang memiliki pemahaman berbeda,’’ katanya.

Terkait di Riau, Ansyaad menilai tetap perlu dilakukan kewaspadaan karena aksi terorisme bisa saja terjadi di mana saja dan kapan saja. Apalagi dulu Riau sudah pernah dijadikan sebagai salah satu daerah yang menjadi serangan terorisme.

‘’Tokoh-tokoh agama sangat berperan di dalam menanggulanginya. Kerja sama dengan Muslimat NU ini menjadikan Riau sebagai provinsi yang ketiga pembentukan FKPT,’’ katanya.(fas)

Sumber : riaupos.co

Tentang fkptriau