Templates by BIGtheme NET
Rumah » riau » Guru Berperan Besar Dalam Penangkalan Kelompok Radikal

Guru Berperan Besar Dalam Penangkalan Kelompok Radikal

PEKANBARU – Hari kedua penyelenggaraan diskusi pencegahan radikalisme dan terorisme oleh BNPT dan FKPT menghadirkan ratusan peserta dari tokoh dan insan pendidikan di Riau.

Dalam kesempatan tersebut panitia juga menghadirkan narasumber dari Polda Riau Kombes Pol Dr. Sugiyono SH MH dan Kasrem 031 Wira Bima I Nyoman Parwata.

Kombes Pol Dr. Sugiyono mengatakan, guru atau tenaga pendidik merupakan motivator bagi siswa-siswanya sehingga masa depan bangsa.”Guru itu menjadi inspirasi atau motivator untuk muridnya. Kita tidak ingin adik adik kita terlibat dengan hal negatif seperti terorisme. Makanya peran seorang guru sangat berpengaruh,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kasrem 031 Wira Bima I Nyoman Parwata, bahwa anak-anak remaja sangat labil dan bisa dipengaruhi untuk ikut terjerumus dalam radikalisme atau terorisme.

“Anak remaja yang kondisinya labil menjadi target kelompok radikal. Kita sebagai guru harus menumbuhkan semangat kebangsaan ini karena ini merupakan tujuan mulia. Beberapa contoh pelajar kita yang rela jadi pelaku bom bunuh diri, itu karena mereka mudah dipengaruhi,” jelasnya.

Guru juga diminta selektif dalam menerapkan pembelajaran didalam buku kepada siswa. Dimana banyak buku-buku yang mengandung ajakan-ajakan radikal.

“Kelompok radikal ini juga banyak menggunakan media, seperti buku dan internet. Makanya kita perlu selektif melihat buku. Kemudian site juga sangat mudah diakses. Kemudian ada juga tayangan yang tanpa disadari yang membuat remaja-remaja ini malah ingin mencoba-coba,” katanya.

Sumber: mediacenter.riau.go.id

Tentang fkptriau