Templates by BIGtheme NET
Rumah » riau » Insan Pendidikan Riau Ikuti Dialog Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

Insan Pendidikan Riau Ikuti Dialog Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

PEKANBARU  – Setelah sehari sebelumnya Senin (30/11) para insan pers  dan pegawai diberi pemahaman terkait pencegahan radikalisme dan terorisme,  Selasa (1/12), giliran para unsur pendidik seperti Rektor yang mendapat  pemahaman yang sama.

Dalam kegiatan yang berlangsung di Hotel Alfha Pekanbaru tersebut, Kepala Badan  Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) diwakili oleh Ketua Forum Koordinasi  Pencegahan Terorisme (FKPT) Riau Nizhamul mengatakan, guna mendukung dan menjaga suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak 9 Desember 2015 mendatang, diperlukan sinergitas yang baik dan efektif antar unsur aparatur pemerintah pusat dan daerah dengan dibantu seleruh elemen masyarakat.

“Salah satu caranya adalah dengan penciptaan stabilitas politik dan keamanan, pencegahan faham radikalisme dan terorisme,” kata Dia.

Dijelaskan, sebagaimana yang tertuang dalam UUD 1945 alenia keempat, antaralain bertujuan untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Karena itu, negara perlu melakukan tindakan tegas terhadap segala bentuk ancaman yang mengganggu rasa aman warga negara dan mengganggu kedaulatan neraga termasuk ancaman tindak pidana terorisme dan aktivitas yang mendukung terjadinya aksi terorisme,” ujarnya.

Sementara, Ketua FKPT dalam sambutan tertulisnya dibacakan Koordinator Bidang kajian dan Penelitian Drs Saifunnajar MH mengatakan, semakin maraknya tindakan radikalisme ditengah masyarakat mendapat perhatian serius dari semua pihak, baik dari kalangan tokoh masyarakat, pemerintah, tokoh agam, media massa, dan secara khusus kepada para tokoh pendidikan, salah satunya adalah dengan menggelar dialog seperti yang dilaksanakan sata ini.

“Dengan acara dialog ini, kita berharap tenag pendidik yang berada di provinsi Riau, bisa memberikan peran yang bermanfaat dalam menjaga instansi pendidikanya, apakah itu di Universitas, jenjang pendidikan umum, maupun Pondok pesantren, dari masuknya radikalisme dan terorisme,” ungkapnya.

Sumber : Mediacenter.riau.go.id

Tentang fkptriau