Templates by BIGtheme NET
Rumah » riau » Pangdam VII Wirabuana Serahkan Estapet FKPT ke Pengurus Baru
medium_63foto-16

Pangdam VII Wirabuana Serahkan Estapet FKPT ke Pengurus Baru

Makasar– Sebagai Deputi penggagas lahirnya Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) yang kini telah berdiri di 32 provinsi se Indonesia, Mayjen TNI Agus SB merasa perlu untuk melanjutkan peran dan karya FKPT di masa mendatang.

Karenanya di tengah kesibukannya sebagai Pangdam VII Wirabuana, jenderal bintang dua ini menyempatkan diri untuk sekali lagi hadir di tengah-tengah 200-an peserta Rakornas FKPT yang hadir dari 32 Provinsi untuk memperkenalkan penggantinya, Mayjen TNI Abdurrahman Kadir, sekaligus menyerahkan tongkat estafet FKPT di masa mendatang.

“Bapak Deradikalisasi” itu menjelaskan tujuh poin utama terkait dengan kelanjutan kerja-kerja positif FKPT di tahun-tahun mendatang. Beliau memberikan kepastian kepada seluruh pengurus FKPT bahwa forum koordinasi yang menjadi mitra strategis BNPT dalam pencegahan terorisme di daerah itu akan terus berlanjut.

Tujuh poin tersebut adalah;   Sesuai dengan keputuasan dan kebijakan BNPT, FKPT tetap berada dalam komposisi satuan pencegahan FKPT di daerah tidak boleh membuat cabang-cabang di tingkat kabupaten atau kota.

Sehingga program-program kerja yang dilakukan di tingkat kabupaten/kota dikemas dalam kelompok-kelompok kecil, seperti dalam bentuk kelompok-kelompok diskusi yang dinamai dengan nama-nama yang baik.

Tahun depan FKPT dianggarkan untuk memiliki kantor, sehingga kerja dan karya FKPT menjadi lebih maksimal dan tepat sasaran. Program yang ada di FKPT kedepan bisa menyentuh sampai kabupaten dan kota.

Sebelumnya FKPT masih fokus untuk kegiatan-kegiatan di level provinsi, tahun depan program kerja harus sampai ke tingkat kabupaten dan kota. FKPT harus aktif membanjiir di dunia maya dengan konten-konten positif. Karenanya website-website FKPT harus terkoneksi dengan link website utama BNPT yang bersifat komunitas damai, yakni www.damai.id.

Beliau juga menekankan bahwa tahun depan dunia maya tidak boleh lagi dikuasai kelompok radikal, “Tahun 2016 kita tidak boleh kalah dengan kelompok radikal,” ungkapnya.

FKPT diharapkan mampu mengadakan program nasional di daerah secara masif, sehingga program-program FKPT dapat dikenal oleh masyarakat luas. Dan terakhir, BNPT akan memperkuat diri dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas anggota tim di pusat, sehingga kerja-kerja FKPT dalam dilakukan secara menyeluruh.

Sesi pamitan Mayjen TNI Agus Surya Bakti disambut beragam oleh para pengurus FKPT yang merasakan betul jasa-jasa beliau yang sejak awal merintis berdirinya FKPT hingga dapat berkembang besar seperti saat ini.

Beberapa peserta mengaku merasa sedih namun juga bangga karena meskipun jenderal yang akrab disapa Agus SB itu tidak lagi mendampingi FKPT, namun beliau kini telah menempati jabatan yang lebih tinggi sebagai Pangdam VII Wirabuana.

Para peserta mendoakan agar beliau sehat dan sukses di tahun-tahun mendatang.   Sementara itu, calon pengganti beliau di kedeputian 1 bidang pencegahan, perlindungan dan deradikalisasi, Mayjen TNI Abdurrahman Kadir memperkenalkan diri dan menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan estafet pengelolaan FKPT agar kedepan upaya pencegahan terorisme yang telah dimulaidapat berjalan maksimal dan sesuai harapan.(damailahindonesiaku/mm/van)

sumber:mediacenter.riau.go.id

Tentang fkptriau