Templates by BIGtheme NET
Rumah » informasi » Penyebaran Radikalisme Harus Diwaspadai

Penyebaran Radikalisme Harus Diwaspadai

PEKANBARU – Penyebaran paham radikalisme harus diwaspadai terutama dimulai dari keluarga sendiri. Paham Radikalisme perlu mendapatkan perhatian ekstra dari pemerintah daerah. Karena, paham inilah yang akan menjadi cikal bakal lahirnya terorisme.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpollinmas) Provinsi Riau Rizka Utama, Senin (3/6/), di kantornya.

“Pengawasan terhadap paham radikalisme, menjadi perhatian Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT). Ini yang menjadi pembahasan dalam Pelatihan Pengurus FKPT Se Indonesia, yang diselenggarakan di Medan, Sumatera Utara,” sebut Rizka.

Rizka menambahkan, kewaspadaan dimulai dari lingkungan terdekat, seperti dari keluarga dan sebagainya. Radikalisme itu bisa tumbuh dari kalangan keluarga kita sendiri. Perhatikanlah gelagat anak atau keluarga yang sudah mulai digiring ke suatu ajaran tertentu.

Untuk mengantisipasinya tambahnya, harus diperkuat dengan cara pengawasan terhadap anak dan keluarga, terutama dalam beragama. Ajarkan bahwa agama tidak mengajarkan kepada kebencian, kejahatan, kehancuran. Kemudian kesadaran berbangsa dan bernegara, juga ditingkatkan.

“Ajaran kekerasan ini didoktrinkan kepada anak-anak muda kita. Termasuk pegawai negeri yang mungkin bisa digiringnya. Karena mereka di semua lini ada, termasuk dalam berbagai organisasi,”terangnya.

Ketika dikonfirmasi terkait radikalisme sudah masuk di Riau, Rizka mengaku hingga saat ini pihaknya belum menemukannya. Namun pihaknya akan tetap melakukan pemantauan agar paham ini secepatnya dicegah.

Selain itu lanjutnya, Tim Ahli dari BNPT sedang melakukan penelitian terkait trik-trik melakukan pencegahan terhadap radikalisme. “Setelah itu, kita akan menindaklanjutinya di lapangan untuk melakukan sosialisasi ke masyarakat,” pungkasnya ( MC Riau/van )

Sumber:mediacenter.riau.go.id

Tentang fkptriau