Templates by BIGtheme NET
Rumah » informasi » Deradikalisasi BNPT Libatkan Semua Stakeholders Terorisme
saud

Deradikalisasi BNPT Libatkan Semua Stakeholders Terorisme

Jakarta – Kepala BNPT, Komjen Saud Usman Nasution, menjelaskan kerja deradikalisasi yang dilakukan lembaganya telah libatkan semua stakeholders terorisme. Menurutnya, deradikalisasi tidak hanya menyentuh para pelaku terorisme belaka, melainkan juga orang-orang di sekitarnya.

Namun Saud menambahkan, bahwa deradikalisasi yang dilakukan lembaganya bukan menggunakan cara-cara tidak manusiawi. Justru deradikalisasi dalam kerja BNPT masuk dalam ranah pendekatan Soft Approach.

“Dalam deradikalisasi kami libatkan semua orang yang terlibat dan berada di sekitar terorisme, mulai dari pelaku, mantan pelaku, alumni jaringan terorisme, keluarga pelaku, korban, keluarga korban, para ulama dan tokoh masyarakat, intelektual, dan sebagainya,” jelas Saud dalam Rakernas FKPT, Selasa (23/2/2016).

Pelibatan orang-orang di luar pelaku dalam deradikalisasi dimaksudkan agar pengaruh paham radikal tidak semakin menyebar luas. Ia pun berharap agar FKPT di daerah mampu melebarkan sayap dan fungsinya dalam hal pencegahan terorisme.

“Pencegahan terorisme itu harus melibatkan masyarakat luas, bukan semata urusan negara, semua harus terlibat karena ini persoalan kita sebagai bangsa,” ujar Saud menjelaskan.

Rakernas adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan BNPT di setiap tahunnya untuk FKPT. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memaksimalkan kerja-kerja koordinasi pencegahan di setiap daerah. Dengan pembentukan FKPT ini, BNPT berharap agar upaya pencegahan terorisme bukan semata menjadi tanggung jawab negara. Masyarakat pun harus terlibat secara aktif dalam upaya pencegahan terorisme tersebut. Dalam hal pencegahan terorisme peran serta masyarakat dilibatkan dan diwadahi lewat sebuah forum yang dinamakan FKPT.

Rencananya, kegiatan FKPT ini akan berlangsung hingga hari Jumat (26/2/2014) mendatang. Dalam rentang waktu tersebut, para peserta dari berbagai daerah akan membahas berbagai isu dan permasalahan sekaligus agenda kerja FKPT di sepanjang tahun 2016. Harapannya FKPT dapat terus meningkatkan peran dalam pencegahan terorisme.(Damailahindoensiaku.com)

Tentang fkptriau