Templates by BIGtheme NET
Rumah » informasi » Keselamatan Wartawan Jadi Faktor Penting Peliputan Isu Terorisme

Keselamatan Wartawan Jadi Faktor Penting Peliputan Isu Terorisme

PEKANBARU – Keselamatan wartawan merupakan faktor utama yang harus dipikirkan dalam menjalankan tugas peliputan sebuah peristiwa besar. Salah satunya saat melakukan liputan khusus yang berkaitan dengan pergerakan terorisme.

“Aspek terpenting dalam menjalankan tugas liputan terutama aksi terorisme, bukan peristiwanya tetapi keselamatan wartawan. Itu nomor satu,” ungkap Ketua SEAPA (Southeast Asian Press Alliance), atau organisasi pers Asia Tenggara, Eko Maryadi saat menjadi narasumber ahli mewakili Dewan Pers dalam acara Desiminasi Pedoman Peliputan Terorisme dan peningkatan Profesionalisme Media Massa Pers dalam Meliput Isu-isu Terorisme di Hotel Alpha Pekanbaru, Rabu (5/10/2016).

Menyadari betapa pentingnya aspek safety tersebut, mantan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia ini pun menjelaskan bahwa wartawan punya hak untuk menolak pemberian tugas liputan khusus dari kantornya apabila tidak dibekali kemampuan dan perhitungan keamanan.

“Kalau pihak kantor tidak memikirkan keselamatan si wartawan, bisa saja wartawan itu menolaknya. Makanya, kantor harus memberikan pembekalan kepada wartawan-wartawannya. Baik keterampilan khusus dan jaminan keselamatan,” tuturnya.(fkpriau/MC Riau/rat/van)

sumber: http://mediacenter.riau.go.id/read/24944/keselamatan-wartawan-jadi-faktor-penting-peli.html

Tentang fkptriau